Rabu, 11 Januari 2012

Robben Ingin Sebar Inspirasi di India

0 komentar
Foto: Arjen Robben (kanan)/ Getty Images
Foto: Arjen Robben (kanan)/ Getty Images
NEW DELHI – Selain bepergian ke Qatar, Bayern Munich pun tak lupa bertamu ke India, selama liburan musim dingin ini. Arjen Robben pun ingin memanfaatkan momen ini untuk sebuah misi, yakni menyiarkan inspirasi kepada pesepakbola muda India.

India dikenal sebagai bangsa yang tidak familiar dengan sepakbola. Padahal, Inggris pernah menjajah mereka dan bangsa Inggris adalah penemu sepakbola modern yang hingga kini menjadi olahraga paling digemari manusia seantero bumi.

Tapi lain cerita di India, bangsa India lebih menggemari olahraga kriket. Oleh karena itu, dengan bertandangnya Bayern ke India, Robben sekaligus ingin menularkan hegemoni sepakbola ke India, untuk menyamai ketenaran kriket kepada anak-anak muda India.

Melihat antusiasme ketika melakoni laga persahabatan, Robben yakin, sepakbola bisa tumbuh subur di antara para pemuda India. Hanya memang, masih butuh perbaikan fasilitas dan sarana ‘di sana-sini’, agar sepakbola India bisa berkembang.

“Pertama-tama, saya ingin berterima kasih untuk India, termasuk para fans dengan antusiasmenya yang besar. Kami merasakan pengalaman yang luar biasa di sini,” ujar Robben, kepada NDTV Sports, Rabu (11/1/2012).

“Pemain India memberi saya kesan yang baik, secara fisik, mereka sangat kuat dan saya yakin dengan fasilitas yang baik, sepakbola India akan berkembang. Saya berharap pertandingan ini bisa menginspirasi generasi muda untuk mengangkat olahraga ini. Jika mereka diberi fasilitas yang lebih baik, mereka akan bermain lebih dari penampilan mereka di laga persahabatan kemarin,” tambah winger berusia 27 tahun tersebut.

Tak ketinggalan, pelatih Jupp Heynckes juga berpendapat serupa dengan Robben. Menurutnya, pemain India punya kualitas yang bisa dibilang, baik.

“Idealnya, kami ingin menciptakan lebih banyak gol lagi, tapi saya menaruh pujian untuk pemain India. Sebenarnya mereka bermain baik, mereka pintar ketika bertahan dan mampu dengan cepat menutup celah pertahanan,” pungkasnya.

Leave a Reply

tatakai blog's